Senin, 03 Desember 2018

Tips Roaming Kartu Selular Saat Beribadah Haji

Ibadah Haji adalah momen tahunan yang mampu menyedot partisipasi umat dalam jumlah besar. Setiap tahun dari Tanah Air mengalir ratusan ribu jamaah menuju Arab Saudi. Pada musim Haji tahun ini tak kurang ada 207 ribu jamaah yang berasal dari seluruh Indonesia. Jumlah jamaah yang besar, disertai waktu pelaksanaan Haji yang relatif lama merupakan kesempatan emas bagi operator untuk menawarkan layanan tarif khusus.

hajj


Tak beda dengan tarif lokal di Indonesia, tarif Haji kini juga kian kompetitif. Setidaknya saat ini ada tiga operator GSM nasional yang berkompetisi di ladang Haji, yakni Telkomsel, Indosat dan Axis. Setiap operator punya sisi kelebihan dan kekurangan. Berikut tips dari tim canggihpisanlah


  1. Pastikan nomer ponsel Anda telah diaktifkan untuk fasilitas internasional roaming. Ada kartu yang otomatis sudah aktif fasilitas IR-nya, tapi ada pula yang harus registrasi terlebih dahulu.
  2. Harus dipahami tarif Haji bersifat roaming. Pastikan bahwa operator yang Anda gunakan dari Indonesia punya kerjasama jaringan dengan operator selular di Arab Saudi. Ada tiga operator di Saudi, yakni STC Al Jawwal, Mobily dan Zain SA.
  3. Akan lebih baik bila operator Indonesia punya kerjasama roaming dengan ketiga operator di Saudi. Khusus Axis hanya bekerjasama dengan Al Jawwal, sebab Axis terikat kuat dengan STC (Saudi Telecom), perusahaan induk Al Jawwal. STC adalah pemegang saham mayoritas Axis.
  4. Khusus untuk pelanggan prabayar, ketahui sistem reload voucher yang tersedia. Ada kartu yang harus di reload dari Tanah Air. Tapi ada juga yang bisa di reload langsung dari lokasi, biasanya menggunakan jalur USSD, perintah dengan awalan bintang dan akhiran pagar.
  5. Akan lebih baik bila operator yang dipilih memiliki menu layanan seputar info Haji. Semisal i-Menu Indosat dan Info Haji Telkomsel via USSD micro browser. I-menu Indosat cukup tekan *234#, dan Info Haji Telkomsel tekan *123#. Info yang bisa diakses seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat.
  6. Kendala bahasa kerap jadi masalah, untuk itu pilih operator yang menyediakan customer service dan konter layanan berbahasa Indonesia. Telkomsel dan Indosat menyediakan posko di kota Mekah dan Madinah. Layanan yang diberikan mencakup penyediaan voucher, aktivasi baru dan aneka petunjuk.
  7. Bila menghadapi kendala soal kartu dan tak bisa dipecahkan, disarankan untuk membeli kartu perdana dari operator GSM di Arab Saudi.
  8. Terakhir pilihlah tarif yang pas, masing-masing operator punya ciri keunggulan tersendiri. Tapi semua operator memberi tarif gratis untuk terima SMS.

Related Posts

Tips Roaming Kartu Selular Saat Beribadah Haji
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.