Rabu, 05 Desember 2018

Klinik Ponsel : LCD Rusak Dan Hp Sering Hang

lcd rusak

Ada kasus unik dengan ponsel baru saya, yakni Sony Ericsson K850i. Baru beli beberapa minggu saya temukan bintik-bintik di layar LCD, kira-kira ada 2 sampai 4 titik, tapi nampaknya bukan seperti pixel yang mati. Kalau pas warna terang bintik-bintiknya hilang, tapi justru pas warna gelap bintik-bintik itu muncul kembali.


Dari gejala ini, kira-kira apa yang bermasalah? Apa mungkin nantinya bakal hilang sendiri. Kebetulan saya punya pengalaman yang sama dengan SE W950i, pernah ada bintik-bintik seperti itu, saya biarkan selama satu bulan bisa hilang sendiri. Cuma tentu ada bedanya, W950 touch screen, sebaliknya K850i menggunakan layar jenis standar. Terima kasih.


Jawab:

Kerusakan LCD (liquid crystal display) seperti ini bisa saja disebabkan karena pengaturan kontras pada pixel LCD yang tidak pas. Oleh karena itu, walaupun kecil kemungkinannya, boleh dicoba diperbaiki dengan cara diisi ulang programnya. Tentu saja jika perbaikan software tidak membawa hasil kita harus memperhatikan hardware-nya. Sewaktu gambar hendak ditampilkan oleh LCD, CPU (Central Processing Unit) mengirimkan data secara serial melalui satu jalur data atau secara paralel maksimum 16 jalur data ke modul LCD. Proses ini, berlangsung ribuan kali untuk satu buah gambar pada layar LCD.


Pada ponsel di atas, sebagian besar gambar tidak bermasalah, artinya proses pengiriman data dari CPU ke modul LCD tidak masalah. Ringkasnya, jalur data tidak bermasalah. Perlu dicermati letak bintik yang bermasalah, selalu tetap atau berpindah-pindah. Jika berpindah-pindah, ponsel sebaiknya diprogram ulang, sebaliknya jika tetap, modul LCD diganti. Dari pengalaman yang sudah-sudah bintik pada LCD kemungkinan besar diakibatkan oleh modul LCD itu sendiri



Masalah Nokia 6275i Sering Hang Saat Start Up

nokia 6276 hang saat start up

Saya ada problem dengan Nokia 6275i, saat ini ponsel tidak bisa digunakan, selalu hang saat start up. Waktu dihidupkan selalu mencul gambar tangan salaman, sesudah itu tidak muncul respon apa pun. Kira-kira apa yang tejadi dengan ponsel saya? Jika di service berapa kira-kira biayanya? Karena masa garansinya habis. Terima kasih


Jawab

Salah satu ciri yang paling umum pada kerusakan software di ponsel Nokia adalah hang sewaktu start-up. Biasanya sewaktu gambar tangan salaman, ponsel langsung hang, alias tidak merespon lagi. Kerusakan seperti ini bisa terjadi karena beberapa hal. Yang pertama, ponsel terlalu penuh diisi aplikasi atau data sehingga memori terlalu penuh. Atau penyebab lainnya karena ketidaksempurnaan dari software si ponsel tersebut.


Perbaikannya cukup dengan mem-format ulang ponsel sehingga memori tidak penuh lagi. Jika langkah ini tidak membawa hasil, ponsel perlu di program ulang secara keseluruhan.program yang lama dihapus, lalu diisi kembali dengan yang baru. Istilah teknisnya di-flash dengan versi yang lebih sempurna. Untuk biaya service, jika memang karena software, umumnya tidak terlalu mahal. Yang pasti dibawah seratus ribuan.

Related Posts

Klinik Ponsel : LCD Rusak Dan Hp Sering Hang
4/ 5
Oleh

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.